TipS  

Posted by: what a girl want

Nyem... Nyem... Nyemil Sehat

"Jangan suka ngemil, nanti gendut, lho!" Ancaman seperti ini kayaknya sering banget kita dengar. Akibatnya, kita jadi menjauhkan diri dari segala jenis cemilan atau makanan ringan, deh. Padahal sebenarnya kita nggak perlu menghindari cemilan favorit kita, lho. Asalkan tahu triknya, kita bisa menikmati cemilan tanpa dihantui rasa bersalah.

Ngemil itu Penting!
Ngemil didefinisikan sebagai kegiatan menyantap makanan apapun, di luar waktu makan utama. Bisa di antara waktu makan pagi ke makan siang, atau antara waktu makan siang ke makan malam. Jenis makanannya sih biasanya berupa makanan selingan, kudapan atau snack.
Asyiknya, selain berfungsi sebagai pengganjal isi perut yang kosong, ngemil ternyata penting juga lho buat tubuh kita. Karena ternyata ngemil itu bisa mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh! Tuh, ada gunanya juga, kan?! Makanya, yang sering jadi anggapan ngemil itu berbahaya sebenarnya bukan karena kebiasaannya, tapi karena jumlah dan jenis makanan cemilannya yang berpotensi bikin gemuk. So, kalau perut sudah 'teriak' minta diisi di luar waktu makan, kita sah-sah saja kok untuk ngemil, asalkan jumlahnya dibatasi. Lebih oke lagi kalau kita memilih jenis cemilan yang nggak cuma mengenyangkan, tapi juga sehat, seperti:

1.Pisang Meskipun dianggap sebagai buah yang nggak terlalu baik untuk berdiet, karena kandungan lemaknya lebih tinggi dibanding buah-buahan lainnya, tapi makan pisang bisa membuat kita cepat kenyang, nih. Soalnya pisang mengandung sekitar 136 kalori per 100 gram, yang berfungsi memberikan energi di luar waktu makan utama kita. Yang bikin oke, makan pisang itu ternyata lebih berguna daripada makan biskuit atau roti, karena kandungan energi yang dimilikinya bisa dua kali lebih cepat memberikan asupan energi pada otak. Makanya, makan pisang waktu istirahat sekolah akan membantu otak kita jadi lebih siap menerima materi pelajaran berikutnya...

2. Es Krim Asyiiiik, ternyata cemilan super enak ini sah untuk dimakan. Karena terbuat dari bahan dasar susu, membuat es krim jadi mempunyai nilai gizi yang tinggi dibandingkan jenis minuman lain. Apalagi, es krim juga nggak menyebabkan gemuk, soalnya hanya terdapat 15% komposisi lemak di dalam seporsi es krim. Jadi asalkan kita makan es krim dalam jumlah yang masih wajar, yaitu 2-3 kali seminggu, kita nggak perlu khawatir angka di timbangan jadi naik drastis.

3. Coklat Cemilan yang jadi musuh kita selama diet ini ternyata punya kandungan yang menyehatkan juga, lho. Sebatang coklat bisa memenuhi 15% kalsium dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, coklat juga punya kemampuan untuk menghambat kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang dapat mencegah resiko terkena penyakit jantung koroner dan kanker. Wah, hebat juga, ya?! Pilihlah dark chocolate karena mempunyai kandungan coklat yang lebih banyak dibanding dengan komposisi mentega dan gula di dalamnya. Yummy, dan program diet kita bisa berjalan dengan aman...

4. Kacang Kedelai
Kalau ini sih, jenis kacang yang paling sehat untuk dijadikan cemilan! Soalnya kacang kedelai punya nilai gizi yang cukup tinggi. Di antara semua jenis kacang-kacangan, kedelai merupakan sumber protein, lemak, vitamin, mineral dan serat yang paling baik. Protein yang dikandungnya pun merupakan protein nabati terlengkap, yang setara dengan protein yang dihasilkan oleh daging, susu dan telur! Nggak salah dong kalau kacang kedelai dijadikan cemilan favorit? Selain rasanya enak, gizinya pun tinggi.



This entry was posted on 00.33 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar